Event dan Kegiatan

UNMAS GELAR INTERNATIONAL CONFERENCE – RRPG 2018

Posted at July 21, 2018 | By : | Categories : Event dan Kegiatan,News Update | 0 Comment

Rural Research and Planning Group (RRPG) bekerjasama dengan Unmas Denpasar menyelenggarakan International Conference ke-9 selama 3 hari , 5-7 Juli 2018. Pada hari pertama dilaksanakan workshop metode penelitian bagi perencana pembangunan wilayah dan plenary session 1.

Di hari kedua hadir Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) RI, Bapak Eko Putro Sandjojo sebagai keynote speaker. Dilanjutkan pembukaan Exhibition of Village Superior Products oleh Sekjen Kemendes PTT.

Pada sore hari dilakukan deklarasi Bali Forum Asian Rural Linkages yang disepakati oleh 17 Perguruan Tinggi dari Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Jepang dan India. Di hari ketiga, para delegasi mengunjungi Desa Cemagi, Canggu untuk melihat percontohan desa terbaik kedua tahun 2018 di Bali. Rektor Unmas Denpasar, Dr. Drs. I Made Sukamerta, M.Pd berharap hasil pemikiran ini bisa menjadi sumbangan pemikiran bagi pemerintah. Kajian ini diharapkan menjadi panduan dalam pembangunan di pedesaan, sehingga betul-betul berkelanjutan. Tidak sesaat tetapi long term. Selain itu diharapkan ada deklarasi untuk memperluas cakupan perguruan tinggi yang bergabung.

Sekjen Kemendes PDTT, Bpk Anwar Sanusi, Ph.D mengatakan bahwa konferensi ini akan menjadi tempat bertukar pikiran dan pengalaman tentang pembangunan di Negara lain. Sejauh ini progress pembangunan desa diklaim sangat signifikan berdasarkan indicator yang terukur, yaitu kemiskinan menurun bahkan melebihi penurunan di kota. Pengangguran terbuka di pedesaan menurun. Selain itu ada dua indeks yang digunakan yaitu pembangunan desa dan desa membangun. Dalam indeks tersebut dilakukan klasifikasi desa. Paling tinggi desa mandiri, desa berkembang, desa tertinggal.

  1. UNMAS GELAR INTERNATIONAL CONFERENCE – RRPG 2018 – Unmas Denpasar


 

View Perpus Unmas Stats